Laman

Rabu, 17 Agustus 2016

Kemajuan Teknologi


Seiring perkembangan zaman, banyak hal yang berubah akibat dampak kemajuan teknologi yang mempengaruhi kehidupan manusia seperti kebiasaan, sikap atau perilaku, dan karakter. Tanpa kita sadari, beberapa tahun terakhir teknologi dengan cepatnya berkembang bagaikan busur panah yang ditembakkan seketika. Dampak negatif dan positif hampir tidak bisa dibedakan sehingga menimbulkan pro dan kontra di berbagai pihak.

Saat ini, tidak sedikit orang yang merasa tidak bisa hidup tanpa teknologi. Memiliki gadget atau smartphone merupakan hal wajib bagi kaula muda saat ini. Merk yang mereka pegang seperti melambangkan status sosial mereka. Tiada hari tanpa online, hampa tanpa kuota. 3TA yang dulunya adalah Harta, Tahta, Wanita sekarang sudah berubah menjadi Harta, Wanita, Kuota. Hal ini juga berpengaruh terhadap bagaimana pembelajaran setiap siswa. Banyak siswa yang mulai malas membaca buku dan lebih mementingkan update status dan upload foto di instagram karena mereka lebih mementingkan kekininan daripada prestasi. Lebih bangga dipanggil hitz daripada pandai.
Apabila kemajuan teknologi tidak bisa dikontrol dengan baik maka tidak menutup kemungkinan anak zaman sekarang memiliki kebiasaan yang tidak baik. “mendekatkan orang yang jauh dan menjauhkan orang yang dekat” adalah kata yang pantas untuk karakter pemuda Indinesia saat ini. Apabila kita tidak bisa mengendalikan teknologi, maka kita yang akan dikendalikan oleh teknoogi itu sendiri. Untuk itu, pentingnya setiap individu menyadari dampak-dampak yang dihasilkan dari kemajuan teknologi ini.

Mengenalkan teknologi kepada calon-calon generasi penerus bangsa dengan baik dan benar merupakan salah upaya kita untuk mengendalikan teknologi dengan baik sehingga kita tidak akan terjerumus dalam dampak negatifnya. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terus memantapkan iman kita kepada Allah SWT agar kita selalu dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik sehingga dapat melahirkan seorang pemuda yang agamis, kritis, dan kreativ untuk menghadapi kemajuan teknologi di era globalisasi.

Sumber : Me
Sumber Gambar : detikindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar