Laman

Rabu, 17 Agustus 2016

Masjid AR. Fachrudin dan SPBU UMM

                   
Masjid merupakan tempat ibadah umat islam. Selain itu, masjid juga merupakan tempat mengaji, belajar dan mengajar tentang keagamaan. Masjid di Indonesia khususnya di daerah Malang berada di berbagai tempat seperti di perkampungan, perkotaan, sekolah, dan kampus. Pentingnya keberadaan masjid disekitar sekolah dan kampus adalah untuk mempermudah siswa atau mahasiswa untuk beribadah sehingga dalam kesibukan apapun dalam studi mereka, tidak alasan untuk meninggalkan shalat. Masjid juga berperan sebagai tempat belajar bagi mereka untuk pembentukan karakter yang agamis.


                Masjid AR. Fachrudin adalah masjid yang ada di wilayah kampu Universitas Negeri Malang. Masjid ini berdiri pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden ke-3 Repubik Indonesia, yaitu Bapak Baharudin Jusuf Habibie pada tahun 1998.
                Masjid yang berumur sekitar 21 tahun ini merupakan masjid yang bangunannya memiliki bangunan yang multifungsi. Dengan 5 lantai ini, bangunan masjid terdiri atas lantai 1 yang ditempati oleh perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi. Sedangkan di lantai 2 ada tempat wudhu, perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium psikologi, dan aula. Sedangkan lantai 3 sampai dengan lantai 5 merupakan tempat jamaah untuk shalat. Selain itu di beberapa lantai juga digunakan sebagai tempat atau ruangan untuk mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
                Diantara banyaknya fasilitas yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang, salah satunya adalah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum UMM yang berada di sebelah barat masjid AR Fachrudin tepatnya di pintu keluar kampus 3 UMM.
                SPBU UMM juga memiliki rest area, cafetaria, yang letaknya di lantai dasar sehingga SPBU ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan pegawai UMM lainnya, namun juga bermanfaat bagi orang lain yang melewati jalur Batu-Malang.

                Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen serta staff lainnya yang berada di UMM karena kehabian bahan bakar sudah merupakan kebiasaan para mahasiswa dan adanya SPBU UMM merupakan fasilitas yang mempermudah akses mahasiswa untuk mengisi bahan bakarnya ketika kendaraannya kehabisan bahan bakar saat berada di dalam kampus Universitas Muhammadiyah Malang.

sumber : UMM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar